Perayaan Puncak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir Sukses

Perayaan Puncak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir sukses ditandai dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun oleh Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang

topmetro.news – Perayaan Puncak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir sukses ditandai dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun oleh Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang dan Launching Calender Of Event Horas Samosir Fiesta 2024 di Water Front City-Desa Pardomuan I, Selasa (27/2/2024).

Perayaan itu sendiri mengambil tema, ‘Lanjutkan Sinergitas Untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat’.

Turut hadir mewakili Gubsu Inspektur Provinsi Sumatera Utara Lasro Marbun, anggota DPR RI Martin Manurung, Lamhot Sinaga, Ketum PSBI Effendi Muara Sakti Simbolon, Forkopimda, mantan Pj Bupati Samosir Wilmar E Simanjorang, mantan Wakil Bupati Samosir 2015-2020 Juang Sinaga, Pemrakarsa Kabupaten Samosir, Rektor ISI Padangpanjang, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan undangan dari kabupaten/kota lainnya.

Vandiko T Gultom mengatakan perayaan hari jadi Kabupaten Samosir merupakan sebuah refleksi tentang apa yang sudah berlangsung dalam membangun. Di usia 20 tahun sudah banyak pembangunan yang terjadi. Di antaranya tempat yang sangat megah yaitu WFC, sudah sangat viral dan terkenal setelah menjadi tempat event Aquabike Jetsky Internasional. Kemudian, pembangunan Menara Pandang Tele, pembangunan Jembatan Tano Ponggol. Serta, pembangunan 3 ruas jalan provinsi yang sudah lama tidak tersentuh sejak tahun 2018.

Sesuai dengan komitmen menjamin kesehatan, Bupati Samosir menyebutkan 99 persen penduduk Samosir yang kurang mampu telah tercover melalui BPJS gratis dan telah mendapat penghargaan UHC dari Wapres. Dan yang bangganya lagi keberhasilan tersebut berada di atas Provinsi Sumatera Utara dan nasional. Pembangunan TPA/IPLT dan juga telah menggandeng Kepul sebagai solusi mengatasi permasalahan sampah.

Dalam kategori kabupaten informatif, Pemkab Samosir memperoleh anugrah keterbukaan informasi publik yang digelar oleh komisi informasi Provinsi Sumatera. Berdasarkan penilaian Ombudsman RI, Pemerintah Kabupaten Samosir mendapat penghargaan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dengan kategori kualitas tinggi dengan nilai 80,65 (zona hijau). Namun tidak berpuas diri dan akan tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Rasa Hormat

Bupati mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh masyarakat Samosir. Juga, kepada seluruh pihak, swasta maupun lembaga pemerintah, perantau dan lembaga DPR/D yang sudah bekerjasama untuk kemajuan Samosir.

Tak lupa Vandiko menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Samosir. Juga kepada para mantan pemimpin pemerintahan yang telah memberikan kontribusi melalui pemikiran dan karya dalam membangun Kabupaten Samosir.

Gubsu melalui Inspektur Provsu Lasro Marbun mengatakan sebagai putra daerah merasa bangga dengan perkembangan Kabupaten Samosir. Terlebih dengan semangat Pemkab Samosir membangkitkan kembali Opera Batak dan penetapan Samosir sebagai Titik Nol Peradaban Batak. Lasro menambahkan, pertumbuhan ekonomi Samosir membanggakan menyamai nasional yaitu 4,5. Hal ini kata Lasro berkat inovasi dan kreasi Pemkab Samosir. Sehingga dengan SDA yang minim dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Termasuk dengan kreasi berbagai acara seperti halnya Horas Samosir Fiesta setiap tahunnya.

Kabupaten Samosir dengan APBD yang masih sedikit ditekankan harus terus menjalin sinergitas dengan pemerintah provinsi, pusat bahkan dengan Coorporate. “Di Sumut dari 33 Kabupaten/kota, Pemkab Samosir menjadi nomor 2 terbesar yang memperoleh anggaran dari APBN,” kata Lasro.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment